1 Mar 2016

KARYA ILMIAH LINGKUNGAN BISNIS : MERAUP RIBUAN DOLLAR DARI INTERNET MELALUI BISNIS ONLINE (E-COMMERCE)



A. ABSTRAK

Dijaman yang modern dan serba teknologi ini berbagai cara dilakukan untuk mendapatkan uang. Namun jika mencari pekerjaan di dunia nyata itu sulit, sekarang sedang marak-maraknya mencari uang lewat dunia maya atau internet dengan bisnis online (ecommerce). Banyak cara untuk melakukan bisnis online ini, mulai dari membuat blog, membuat took online, membuat game online dan sebagainya. Di Indonesia ini sudah banyak orang yang sukses dengan bisnis online dan penghasilannya pun tidak tanggung-tanggung ada yang bisa mencapai $1000 U.S, atau kalau di rupiahkan bias mencapai 10jt rupiah perbulan (kurs $1 = Rp.10.000) atau bahkan bisa lebih. Peluang yang begitu terbuka untuk kita semua siapa saja bisa melakukan bisnis online, namun hanya dengan niat dan kerja keras yang sunggug-sungguh dan disertai dengan doa lah yang mampu untuk menjadikan kita sukses berbisnis online ini.

B. ISI

Bisnis Online adalah sebuah bisnis yang dilakukan dengan cara online atau tidak bertemu secara langsung dengan si pembeli dan si penjual .Banyak perusahaan dunia besar dan terkenal juga dari e-commerce contoh microsoft, Apple ,General Electric, Home Depot dan masih banyak lagi yang lainnya.

Contoh yang saya ambil ini adalah tentang perusahaan yang menjadi peringkat dua sedunia dalam bisnis onlinenya yaitu Wal-Mart. Menjadi perusahaan pengecer terbesar didunia dengan penghasilan mencapai lebih dari $100 Milyar di tahun 1997. E-commerce WalMart mempunyai kemampuan untuk bersaing dengan perusahaan lain karena menghasilkan sinergi antara bisnis online dan offline, yang meningkatkan penjualan mereka sehingga menjadi perusahaan peringkat dua yang mengagumkan.

Selain itu juga contoh yang lain adalah perusahaan Dell Computer. Dell adalah sebuah merek electronic yang terkenal saat ini. Mula-mula dell menjual computer melalui mail order dan Dell dapat menjual dengan harga di bawah pesaingnya.Compaq yang saat itu memimpin pasar penjualan PC, malakukan pemotongan harga yang menyaingi Dell. Hasilnya Dell Computer menderita kerugian besar mencapai 65 juta dolar pada enam bulan pertama,yang menyebabkan hampir bangkrut. Akhirnya Dell melakukan rekayasa ulang dalam bisnisnya dengan mengenalkan e-Commerce. Pada tahun 1999, Dell dapat menjuan 1,7 juta dollar perhari lewat situs e-commercenya. Sahamnya pun naik dengan pesat dan akhirnya menjadi perusahaan dengan penjualan PC terbesar di dunia.Itu tadi beberapa contoh perusahaan dunia yang sukses dengan e-commercenya.

Selain perusahaan meraup dollar di internet juga bias dilakukan dengan cara membuat blog atau website. Dengan cara menaruh iklan PPC (pay per click) dari situs penyedia dan dipasang di blog kita yang mana nanti aka nada orang yang mengklik iklan kita dan kita mendapatkan uang dollar dari penyedia iklan tersebut. Situs penyedia PPC terkenal dan terlaris saat ini adalah Google Adsense (http://adsense.google.com/) situs ini milik google yang bayaran PPCnya bias mencapai lebih dari $1 per clicknya.Sudah banyak blogger Indonesia yang sukses dengan bisnis online ini dan rata-rata penghasilan mereka dari PPC ini mencapai lebih dari $1000 dollar perbulan. Bahkan ada blogger asal Pontianak yang bercerita penghasilan google adsense mencapai $50 per hari.

Dari contoh – contoh di atas bahwa berbisnis online itu bisa di raih melalui perusahaan ataupun membuat blog ataupun website dan memasang iklan.Namun untuk mengapai sukses sebesar itu itu dibutuhkan waktu yang tidak sedikit dan perjuangan keras serta doa yang selalu dipanjatkan kepada tuhan.Tapi apapun penghasilan kita kita harus mensyukurinya.


Source/reerence klik link below
>>here<<

0 komentar:

Post a Comment